Purwakarta, Vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan terus di galakan oleh jajaran Pemkab Purwakarta bersama Kodim 0619/Purwakarta, saat ini jajaran Kodim 0619/Purwakarta dari Koramil 1907/Bungursari mendampingi kegiatan vaksin hewan itu.

Kegiatan yang bertempat di Pasar Hewan Ingon-Ingon Ciwareng Pemda Purwakarta, Kampung Mulyasari RT 004/003 Desa Ciwareng Kecamatan Babakancikao Kabupaten Purwakarta dilakukan oleh Tim Keswan Vaksinasi PMK dari Disnakan Kabupaten Purwakarta juga dimonitor dan didampingi Danramil 1907/Bungursari Kapten Arm Wahyu Widodo beserta Anggota Babinsa wilayah Kecamatan Babakancikao.

Danramil 1907/Bungursari Kapten Arm Wahyu Widodo mengatakan kegiatan pendampingan karena TNI dari kodim 0619/Purwakarta mendapat tugas sebagai salah satu satgas PMK sehingga ini juga menjadi tanggungjawab satgas PMK bersama Pemda Purwakarta.

“Kita lakukan monitoring dalam pelaksanaan vaksin aftosa, dengan stok 600 dosis,” jelas Wahyu, Senin (7/11/2022).

Kata dia, hewan yang di vaksinasi PMK jumlah 384 ekor. Dengan rincian sapi 305 ekor dan kerbau 79 ekor. Usai dilakukan vaksinasi terhadap hewan juga dilakukan penandaan terhadap hewan yang sudah divaksin.

“Dilakukannya penandaan terhadap hewan yang sudah divaksin itu sebagai pembeda agar bisa membedakan antara hewan yang sudah di vaksin dan yang belum di vaksin,” ujarnya.

Upaya itu, sambung Wahyu, untuk meningkatkan dan mengantisipasi penyebaran virus PMK di hewan seperti sapi dan kerbau.

“Para penjual maupun perternak di pasar hewan juga di berikan Tetang pemahaman mengenai ciri-ciri hewan yang terkena PMK sehingga ketika ada hewan yang mengidap ciri-ciri itu segera melaporkan ke petugas,”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *