(Kota Cirebon), Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Dany Rakca S.A.P, M.Han,. bersama puluhan anggota Korem 063/SGJ melaksanakan Karya Bhakti pembersihan Gua Sunyaragi atau Taman Sari Guwa Sunyaragi Jalan Brigjend Darsono By Pass Kota Cirebon, Jum’at (30/12/2022).

Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Dany Rakca S.A.P, M.Han,.menyampaikan kegiatan ini sebagai upaya satuan dalam meningkatkan soliditas dan solidaritas Satuan Jajaran Korem 063/SGJ, untuk mensinergikan semua Komponen masyarakat, dalam rangka pencapaian Tugas Pokok TNI AD Khususnya dalam membantu mengatasi kesulitan masyarakat dan Pemerintah Daerah dan untuk mewujudkan kondisi lingkungan yang Hijau, Bersih dan Sehat serta menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam berbangsa dan bernegara serta terwujudnya kemanunggalan TNI-rakyat. Sehingga dapat menumbuh suburkan kembali budaya jiwa sosial yang selama ini sudah mulai memudar akibat pengaruh globalisasi budaya asing yang tidak bisa dibendung.

Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Dany Rakca S.A.P, M.Han,. menambahkan sesuai perintah Harian Bapak Kasad yaitu TNI AD dalam hal ini Korem 063/SGJ dan seluruh Jajaran baik Kodim sampai ke Babinsaa harus selalu hadir ditengah tengah kesulitan masyarakat, dan memberikan solutif. Kita akan berkolaborasi baik dengan Pemda dan seluruh Stakeholder untuk melestarikan Situs budaya. Saya Perintahkan seluruh Anggota Korem 063/SGJ dan Para Dandim Jajaran untuk peduli dengan Situs Budaya atau cagar budaya, seperti hal sekarang ini kita bersihkan kita rawat kita jaga salah satu Cagar Budaya/Situs Budaya Gua Sunyaragi atau Taman Sari Guwa Sunyaragi yang berada di Kota Cirebon.

Lanjut Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Dany Rakca S.A.P, M.Han, Gua Sunyaragi adalah sebuah gua yang terdapat bangunan mirip candi yang disebut Gua Sunyaragi, atau Taman Air Sunyaragi, atau sering disebut sebagai Tamansari Sunyaragi. Nama “Sunyaragi” berasal dari kata “sunya” yang artinya sepi dan “ragi” yang berarti raga, keduanya adalah bahasa Sanskerta. Tujuan utama didirikannya gua tersebut adalah sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya. Menurut sejarah peninggalan dari Keraton Kasepuhan, Tamansari dibangun karena Pesanggrahan Giri Nur Sapta Rengga berubah fungsi menjadi tempat pemakaman raja-raja Cirebon, yang sekarang dikenal sebagai Astana Gunung Jati.

Danrem 063/SGJ Kolonel Inf Dany Rakca S.A.P, M.Han mengajak seluruh masyarakat Cirebon dan seluruh wilayah Korem 063/SGJ untuk menjaga dan merawat Situs Budaya yang ada di wilayahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *