( Kab Cirebon ), Danrem 063/Sunan Gunung Jati Kolonel Inf Dany Rakca, S.A.P, M.Han. mendampangi Pangdam III/ Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dalam rangka kunjungan kerja ke Batalyon Arhanud 14/PWY Rabu ( 12/04/2023).

Adapun kegiatan Pangdam III/ Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo, di wilayah Korem 063/Sunan Gunung Jati selama 2 hari, kegiatan hari pertama pangdam melaksanakan peninjauan pangkalan di Batalyon Arhanud 14/PWY serta memberikan pengarahan kepada personel Batalyon Arhanud 14/PWY selanjutnya rombongan menlanjutkan kegiatan di Desa Bandengan Kec. Mundu Kab. Cirebon dengan kegiatan Tabur Benih Ikan air Tawar di tambak dengan luas tambak 7 x 6 m2 yang mana sebelumnya lahan tersebut dipergunakan sebagai tambak garam. Tambak ini akan di tanam benih ikan lele menggunakan Cairan Bios 44 DC. Cairan Bios 44 DC tersebut dipercaya dapat memperbaiki kualitas air. Bios 44 DC sendiri adalah cairan bio organisme. Menjadikan kualitas air semakin baik , sehingga budidaya pengembangbiakan ikan dapat lebih produktif.

Pangdam / III Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengatakan, apabila tambak memiliki kekuatan potensial dalam penguatan pertahanan. Bahkan nilai sangat besar, sebab air mempunyai nilai strategis. Saya disini mencoba melakukan penebaran ikan, tentunya tidak sekedar menebar ikan. Tapi juga bagaimana mencoba mentreatmen tambak itu sendiri menjadi suatu potensi yang integral, antar lingkungan alam, manusia dan teknologi. Ada pendekatan dan cara mentreatmen air tambak melaui fisika atau mesin, tetapi tentu mahal biayanya, apalagi menggunakan bahan kimia, itu akan lebih rawan dan bahaya.

Oleh sebab itu, pihaknya mencoba mempergunakan cara pendekatan biologis yakni menggunakan mikroba dan bakteri melalui inovasi Bios 44 DC Karena Bios 44 DC merupakan teknologi biologi mikroba, sebagai suatu upaya melalui proses penguraian sedimen untuk mengurangi amoniak. Amoniak diurai menghasilkan nitrit, dari nitrit akan menghasilkan oksigen yang baik. Disisi lain sedimen tanah akan terurai dan bekurang hal itu menjadikan debit air lebih banyak.

Tampak hadir Kapoksahlidam III/SLW Brigjen TNI Kuat Budiman, S.I.P beserta Ibu, Para Asisten Kasdam III/Siliwangi, Danrindam III/Siliwangi Kolonel Inf Lukman Hakim beserta Ibu, Dandenmadam III/Siliwangi Kolonel Cba Sofyan Alaudin Tomagola S.Sos, Kazidam III/Siliwangi Kolonel Czi Rielman N. Yudha Trianandha beserta Ibu. Pejabat Korem 063/Sunan Gunung Jati, Forkopimda Kab. Cirebon dan Kota Cirebon serta tamu undangan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *