JAKARTA, tniad.mil.id – Masjid Syarif Abdurahman yang berada di area pemakaman Sunan Gunung Jati, di Desa Astana Kecamatan Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat, diresmikan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin yang juga dihadiri oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, Jumat (25/8/2023).

Masjid ini berdiri diatas lahan seluas 1.681 M2 dengan luas bangunan panjang 41 meter dan lebar 41 meter. Peletakan batu pertama pembangunan Masjid ini dilakukan oleh Kasad pada tanggal 24 Mei 2022. Pengerjaan pembangunan Masjid Syarif Abdurahman dilakukan selama 18 bulan sejak peletakan batu pertama.


Hal menarik dari Pembangunan Masjid Syarif Abdurahman ini adalah bahwa perancang arsitektur Masjid Syarif Abdurahman ini adalah Brigjen TNI I Nengah Wiraatmaja yang merupakan beragama Hindu yang sekaligus bertugas sebagai Pimpinan pembangunan Masjid tersebut. Hal ini menunjukan bahwa toleransi beragama di wilayah Cirebon sangat tinggi.


Terwujudnya Pembangunan Masjid Syarif Abdurahman ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk pengembangan belajar agama Islam dan kajian-kajian tentang Islam serta sejarah Islam di Indonesia, khususnya di wilayah Cirebon. Selain itu juga dapat dijadikan sarana untuk seluruh elemen masyarakat di wilayah Cirebon bagi kemajuan masyarakat Cirebon sekitarnya baik dari sisi religius, maupun peningkatan perekonomian warga Cirebon dan sekitarnya. (Dispenad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *