Kebersamaan Pemerintah Daerah, TNI dan Polri di Purwakarta tak pernah kendor. Bahkan, makin hari makin kompak dan solid. Sinergitas yang digaungkan selama ini memberikan dampak yang sangat positif bagi masyarakat Purwakarta. Salah satunya, terpampang selama pelaksanaan TMMD ke-120 Kodim 0619/Purwakarta, Korem 063/Sunan Gunung Jati.

Pagi yang cerah, saat sinar mentari masih terasa nyaman di badan, Kolonel Infanteri Bayu Sudarmanto, Komandan Korem 063/Sunan Gunung Jati tampak santai ngobrol, dengan salah satu pejabat dari Mabesad, Brigjen TNI Iwan Setiawan. Tentunya, Letkol Inf Ardiansyah juga tidak ketinggalan untuk nimbrung. Maklum, Perwira lulusan Akmil 2004, saat ini sedang menjabat sebagai Komandan Kodim 0619/Purwakarta. Kompol Ricky Adipratama, Wakapolres Purwakarta dan Jaya Pranolo, Kadis DPMD pun menjadi bagian yang tak terpisahkan. Dua pejabat utama dari Polres dan Pemda Purwakarta ini, mewakili pimpinannya masing-masing, karena pada saat bersamaan sedang dalam tugas yang bisa ditinggalkan. Bersama Camat Pondok Salam, Danramil, Kapolsek, Kepala Desa Gurudug dan para Babinsa serta Babinkamtibmas menjadikan suasana desa Gurudug, lokasi TMMD ke-120 Kodim Purwakarta tak seperti hari-hari biasanya.

Kehadiran Brigjen TNI Iwan Setiawan di Purwakarta, tak lepas dari salah satu tugas yang diemban selama pelaksanaan kegiatan TMMD ke-120, yakni untuk melaksanakan Pengawasan dan Evaluasi pelaksanaan TMMD di Purwakarta. Dalam sambutannya di aula kantor desa Gurudug, sebelum bersama-sama melihat secara langsung hasil sementara pekerjaan fisik yang telah memasuki hari ke-27, Brigjen Iwan menyampaikan keyakinannya, bahwa pelaksanaan TMMD di Purwakarta telah berjalan dengan sangat baik. Hal ini, karena sang Jenderal mengikuti perkembangan pelaksanaan TMMD melalui laporan yang ada, serta publikasi kegiatan fisik maupun non fisik di beberapa media.

“Terima kasih kepada Pak Dandim yang sudah memaparkan terkait pelaksanaan kegiatan TMMD. Saya juga sebelumnya sudah membaca dan faham. Saya ucapkan terima kasih. Kegiatan Wasev ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh Mabesad untuk mengecek sejauh mana proses kegiatan TMMD di masing-masing wilayah. Kebetulan hari ini di daerah desa Gurudug Kec. Pondok Salam. Banyak disini potensi-potensi sumber daya guru-guru. Kemudian tentunya dengan kinerja Bapak Dandim, kebetulan saya sama Pak Dandim sebelum di Mabesad, saya di Kostrad. Beliau salah satu Danyon di bawah Kostrad, maka kemudian saya yakin seyakin-yakinnya kinerja beliau saya yakin sesuai yang di sampaikan,” ucap Brigjen TNI Iwan Setiawan dalam sambutannya.

Suasana terasa lebih hangat, karena ternyata Brigjen Iwan dan Kolonel Bayu pernah bersama-sama sebelumnya bertugas di tanah Papua.

Begitu juga dengan Letkol Infanteri alias Raja Aibon, pernah sama-sama berdinas di satuan Kostrad dengan Brigjen Iwan saat masih berdinas di Kostrad. Alhasil, obrolan sepanjang kebersamaan di Purwakarta tidak hanya seputar tugas yang sedang dijalankan saat itu. Namun melebar, menjadi cerita-cerita yang bersifat nostalgia.

Sepanjang masa peninjauan sasaran fisik TMMD, baik peningkatan kualitas jalan, Rehab Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu), rehab Musholla dan juga sarana air bersih, Dandim Purwakarta menjelaskan apa saja yang sudah dan sedang dilaksanakan. Tak hanya pekerjaan fisik, tapi juga non fisik, yang menggambarkan betapa antusiasnya masyarakat menerima kehadiran TNI di desanya. Biasanya, keseharian mereka hanya bertemu dengan Danramil, Babinsa dan Babinkamtibmas. Namun hampir sebulan ini, masyarakat berinteraksi dengan banyak Prajurit TNI, baik AD, AL maupun AU.

“Dengan mengucap rasa syukur dan hormat yang sedalam-dalamnya kepada bapak TNI dan Pemerintah Deaerah dalam manunggaling kebersamaan kita dalam melaksanakan giat TMMD ke-120 di desa Gurudug Kecamatan Pondok salam, masyarakat kami bisa merasakan hal-hal baru dan kehangatan yang luar biasa ucap Kang Asep Irpan, Kepala Desa Gurudug.

Raut wajah senang dan bahagia masyarakat dan para Babinsa serta Babinkamtibmas, saat Brigjen Iwan menyalami mereka satu persatu, menyapa dengan begitu ramah. Begitu pula dengan beberapa emak, yang nampak begitu akrab dengan Raja Aibon.

Disela-sela kegiatan, Waaspers Kasad Bidang Binpres bersama dengan Danrem 063/Sunan Gunung Jati, Wakapolres dan Kadis DPMD, memberikan buah tangan. Tentunya untuk mereka yang benar-benar layak diberikan uluran tangan. Tak hanya itu, kehadiran Brigjen Iwan dan Kolonel Bayu ternyata juga membawa berkah untuk kelompok tani di Gurudug. Bagaimana tidak? Dikesempatan itu, dukungan traktor dari Kementerian Pertanian yang disalurkan melalui Pemkab Purwakarta, juga diantar dan diserahkan langsung kepada mereka. Tidak perlu jauh-jauh datang mengambil ke kota. Hal yang tentunya istimewa, karena 30 Pok Tan lainnya nanti, baru akan diserahkan beberapa hari kemudian oleh Pj. Bupati Purwakarta.

Kebersamaan Waaspers Kasad, Danrem 063 Sunan Gunung Jati bersama dengan para pejabat TNI-Polri dan juga Pemkab Purwakarta tentunya tidak bisa sepanjang hari. Maklum saja, mereka sudah harus dihadapkan dengan tugas-tugas lain, yang pastinya sudah menanti. Karena itu, setelah menikmati santap siang, Brigjen Iwan mendahului pamit, meninggalkan Purwakarta.

Sebagai Komandan Korem, atasan langsung dari Dandim 0619/Purwakarta, Kolonel Infanteri Bayu Sudarmanto berpesan kepada Raja Aibon, agar terus berbuat yang terbaik untuk masyarakat. Tugas pendampingan oleh para Babinsa dalam rangka menyukseskan Program Ketahanan Pangan, harus benar-benar dijadikan attensi. Begitu juga dengan pendistribusian dan pengoperasionalan Pompa Air untuk mengairi sawah tadah hujan kepada para Poktan, harus benar-benar diyakinkan bahwa hal tersebut berjalan dengan baik.

Bahagialah masyarakat Purwakarta. Kebersamaan dan kolaborasi TNI, Polri dan Pemerintah Daerah akan semakin dikuatkan, demikian mewujudkan masyarakat yang makmur dan sejahtera, menuju Indonesia Emas 2045.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *